Rabu, 10 Juni 2009

TBC itu apa sih ?

TBC atau TB (Tuberkulosis) adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Mikrobakterium tuberkulosa. Bateri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat bila terkena bakteri ini untuk pengobatannya membutuhkan waktu cukup lama. Bakteri ini paling sering menginfeksi organ paru-paru dibandingkan dengan bagian lain tubuh manusia.

menurut hasil survei Kesehatan Rumah Tangga Depkes RI tahun 1992, menujukkan bahwa Tuberkulosis atau dikenal TBC merupakan penyakit kedua penyebab kematian, sedangkan pada tahun 1996 merupakan penyebab keempat. pada tahun 1999 WHO Global Surveillace memperkirakan di Indonesia terdapat 583.000 penderita Tuberkulosis/TBC, baru pertahun dengan jumlah 262.000 BTA Positif atau dengan kakulasi rate kira-kira 130 per 100.000 penduduk. kematian yang diakibatkan oleh Tuberkulosis / TBC diperkirakan menimpa 140.000 penduduk tiap tahun.

Insidensi TBC dilaporkan bahwa TBC meningkat drastis pada dekade terakhir ini diseluruh dunia. Demikian pula di Indonesia, Tuberkolosis/TBC merupakan masalah kesehatan yang serius, baik dari sisi angka kematian (mortalitas), angka kejadian penyakit (mortalitas), maupun diagnosis dan terapinya. dengan penduduk lebih dari 200 juta orang, Indonesia menempati urutan ketiga setelah India dan China dalam hal jumlah penderita di antara 22 negara dengan masalah TBC terbesar dunia.

Jumlah penderita TBC paru dari tahun ke tahun di Indonesia terus meningkat. saat ini setiap menit muncul satu penderita baru TBC paru, dan setip dua menit muncul satu penderita baru TBC paru yang menular. Bahkan setiap empat menit sekali satu orang meninggal akibat TBC di Indonesia. kenyataan mengenai penyakit TBC paru dari tahun ke tahun di Indonesia terus meningkat, hal ini perlu dilakukan pengetahuan sejak dini tentang penyakit TBC, karena pendidikan ini dapat merubah perilaku hidup orang menuju perilaku hidup bersih dan sehat.

untuk info lebih lanjut tentang penyakit TBC bisa hubungi dinas/ instansi terkait yang ada disekitar anda.... (Dinas kesehata, puskesmas, dll).

terima kasih

Tidak ada komentar:

Pemeriksaan RAPIT-TEST COVID-19

Pemeriksaan RAPIT-TEST COVID-19 Mohon edukasi kepada masyarakat terkait pemeriksaan RAPID-TEST sebagai berikut : 1) Rapid-test bukan...