Jumat, 16 Mei 2008

Baca Banyak Blog dengan RSS

bz!Kronika RSS (Real Simple Syndication), adalah istilah teknis untuk metode/standar pemformatan berkas (file) yang di dalamnya terdapat informasi terbaru dari suatu situsweb menurut standar XML, sehingga bisa disebarluaskan dan dimanfaatkan menggunakan platform teknologi yang berbeda-beda. Singkatnya, metode untuk menyebarluaskan (mensindikasikan -- hmm... kedengarannya seperti mafia internet...) isi situsweb agar seseorang tidak perlu mengunjungi situsweb itu hanya untuk mencari tahu akan adanya informasi baru atau tidak.

RSS sendiri bisa dikatakan sebagai singkatan dari beberapa istilah (selain dari yang disebutkan sebelumnya) untuk beberapa macam versi format RSS, misalnya 'Rich Site Summary' atau 'RDF(Resource Description Framework) Site Summary'. Dan perbedaan serta rinciannya tidak akan dijelaskan. Tidak di sini, dan tidak sekarang. Tapi bagi yang semangatnya sedang menggebu-gebu, ini satu url untuk sumberdaya yang cukup mumpuni menjelaskan lebih jauh dan terperinci namun ringkas mengenai RSS, di Wikipedia.

Untuk saat ini, kita relakan saja tetek-bengek itu untuk diurus oleh para programmer. Demi ketenteraman kaum awan yang tidak sudi dipusingi oleh kerumitan teknis dan jargon yang aneh-aneh, sebuah RSS dari suatu website sering juga disebut feed atau site feed.


RSS bagi Pemilik Blog

Pemilik blog merupakan orang yang paling diuntungkan dengan keberadaan RSS ini. Ia bisa menginformasikan kehadiran entri baru dalam blognya kepada para pengunjung setianya, dengan menyediakan alamat web khusus yang diberi nama feed atau pengumpan. Untuk pengguna layanan Blogger dan pengguna CMS WordPress fitur ini biasanya hadir sebagai fitur default.

Setting feed di Blogger bisa dilakukan dalam menu Settings -> Site Feed setelah login terlebih dahulu. Pada 'Publish Site Feed' pilih 'Yes' yang artinya site feed blog diaktifkan. Disitu juga dapat dilihat 'Site Feed URL' yakni link feed blog yang apabila diklik akan berisi beberapa posting terakhir (contoh URL: http://alamatbloganda/atom.xml). Isinya bisa seluruhnya (full) atau hanya 255 kata pertama (short) setiap posting tergantung dari setting dalam 'Description'.


bz!Kronika


RSS bagi Pemantau Blog

Sementara para pemantau blog jagad maya cukup "berlangganan" RSS feed dari blog yang diinginkan dengan menggunakan aplikasi agregrator atau perangkat lunak yang dinamakan RSS Feeder. Perangkat tersebut ada yang built-in dalam satu software atau browser (Live Bookmark, Opera, Mozilla Thunderbird, Wizz RSS News Reader), instalasi pada OS (windows) yakni FeedReader, atau bisa diakses dengan menggunakan Online Feed Reader yang berbasis Web (Yahoo, Newgator, Bloglines, Kinja dsb).

Pada RSS Feeder apapun yang digunakan, hal paling penting adalah menginput atau menambahkan Feed URL dari sebuah situs atau blog yang ingin kita pantau atau baca postingannya secara uptodate. Contoh beberapa Feed URL adalah:
http://namablog.blogspot.com/atom.xml
http://feeds.feedburner.com/namauser
http://nama.blog.m3-access.com/rss.bmu
http://www.domainname.com/rss/


FeedReader dengan Thunderbird

Setelah download dan install Thunderbird dengan sukses, berikut cara menentukan aturan dari Thunderbird agar tujuan kita tercapai (tujuan: memata-matai setiap blog yang mencurigakan!):

1. Setting
Menambahkan sebuah account yang bernama "News & Blogs" untuk menampung semua langganan RSS feed kita,
a. Jalankan Thunderbird
b. Klik menu Tools - Account Settings... (dan walah! Jendela Account Settings pun muncullah!)
c. Klik tombol Add Account di kiri-bawah (yang akan memunculkan jendela Account Wizard)
d. Pilih RSS News & Blogs dan tekan tombol 'Next''
e. Tekan lagi tombol 'Next'
f. Sudah? Mantap! Sekarang tekan tombol 'Finish'


2. Mulai Berlangganan
Tapi sejauh ini, kita belum menentukan kita berlangganan RSS feed dari blog mana saja. Pastikan Anda sudah terkoneksi ke internet saat melakukan ini. Berikut caranya:

a. Jendela Account Setting masih terbuka, kan? Nah, perhatikan pada panel bagian kiri telah muncul account "News & Blogs" yang baru saja kita buat. Klik pada nama account tersebut (bila belum tersorot), dan panel kanan berlabel 'RSS Account Settings' akan muncul beberapa pilihan. Beri tanda centang pada pilihan 'By default, show the article summary instead of loading the web'. Ini gunanya supaya kita menampilkan entri terbaru blog yang tersedia dalam RSS feed bukannya langsung menampilkan entri tersebut dari situswebnya.
b. Klik tombol Manage Subscriptions... (ingat, resikonya adalah, jendela RSS Subscription akan muncul)
c. Klik tombol Add pada jendela RSS Subscription
d. Pada jendela Feed Properties yang muncul, isikan url dari file RSS feed yang disediakan oleh blog yang bersangkutan.
e. Tunggu beberapa saat, Thunderbird akan melakukan pengecekan keabsahan RSS feed
f. Bila sudah benar, maka Thunderbird akan mendownload file RSS feed tersebut sehingga Anda bisa membacanya kapanpun tanpa perlu online lagi. Sekarang Anda hanya perlu keluar dari jendela RSS subscription dengan menekan tombol [x].

Selamat, Anda kini sudah berhasil melakukan pemantauan jarak jauh terhadap blog-blog tersebut! ***

Tidak ada komentar:

Pemeriksaan RAPIT-TEST COVID-19

Pemeriksaan RAPIT-TEST COVID-19 Mohon edukasi kepada masyarakat terkait pemeriksaan RAPID-TEST sebagai berikut : 1) Rapid-test bukan...