Rabu, 17 September 2008

contoh artikel

TUGAS ARTIKEL BIOLOGI

KESEIMBANGAN LINGKUNGAN HIDUP

MANUSIA dan LINGKUNGAN

















Nama:Ni Komang Martini
Kelas:X-1
Nomor :


SMA Negri 5 Denpasar

Jln. Sanitasi No.2 Denpasar Selatan

Tahun Ajaran 2006/2007



MANUSIA dan LINGKUNGAN

Pendahuluan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar organisme. Lingkungan terdiri atas semua benda mati dan makhluk hidup lain yang terdapat di sekitar organisme tersebut. Lingkungan yang sesuai akan menunjang kehidupan manusia.

Pembahasan

Dibanding komponen biotik lainnya, manusia merupakan komponen biotik yang mempunyai pengaruh ekologi terkuat di biosfer bumi ini. Dengan kemampuannya untuk mengembangkan ilmu dan teknologi, manusia mempunyai pengaruh yang amat besar, baik pengaruh yang memusnahkan ekosistem maupun pengaruh yang sifatnya meningkatkan, melipatgandakan dan mendistribusikan komponen biotik lainnya.

Kemampuan manusia beradaptasi dengan lingkungan dan mengubah lingkungan sesuai dengan yang diinginkan, menyebabkan populasi manusia meningkat sangat pesat. Akibatnya, keseimbangan lingkungan mulai goyah. Hal ini semakin berpengaruh oleh berbagai sikap manusia yang cendrung merusak lingkungan. Contohnya membakar hutan, memberantas hama bahan kimia, dan mengubah berbagai ekosistem menjadi ekosistem buatan seperti yang diinginkan manusia.

Pembabatan dan pembakaran hutan menyebabkan kerusakan yang tidak sedikit. Hewan buas di hutan yang lingkungannya rusak bermigrasi ke desa-desa, memangsa hewan ternak, atau bahkan manusia. Gajah, Babi Hutan, dan Herbivora lainnya susah hidup pada hutan yang rusak karena lingkungannya tidak memberikan kenyamanan lagi. Hewan-hewan ini bermigrasi ke perkampungan penduduk di sekitar hutan dan merusak tanaman budi daya manusia.

Serangga-serangga hutan hidup tenang dan damai tidak mengganggu kehidupan manusia. Pertumbuhan populasinya dikontrol oleh predaktor dan parasitoidnya, sehingga tidak pernah menimbulkan guncangan pada ekosistem hutan. Karena lingkungan terusik oleh ulah manusia maka dia bermigrasi ke daerah pertanian dan menyerang tanaman budi daya. Untuk mengatasi serangga yang menyerang tananam budi daya tersebut, manusia tidak mampu lagi memberantas dengan menggunakan cara-cara tradisional. Manusia mangatasinya terpaksa dengan manggunakan bahan kimia racun pembasmi serangga atau insektisida.

Penggunaan pestisida untuk memberantas hama, ternyata tidak hanya mambunuh serangga hama, tetapi juga ikut mambunuh predator serangga serta parasitoid yang hidup pada tubuh serangga hama tersebut. Bila ada beberapa jenis serangga hama yang tidak terbasmi maka akan mampu berkembang biak dengan aman tanpa ganguan predatotnya. Pada suatu ketika, populasinya akan meningkat pesat dan maupun manyebabkan terjadinya wabah serangan serangga lagi karena predatornya sudah ikut terbasmi. Untuk mengatasinya, terpaksa manusia menggunakan bahan kimia pembunuh. Dengan demikian, manusia semakin tergantung pada bahan racun pembunuh serangga tersebut. Penggunaan bahan kimia secara terus-menerus untuk membasmi serangga akan berdampak pada lingkungan, yaitu tercemarnya berbagai komponen lingkungan oleh bahan kimia tersebut.

Contohnya Perintis penelitian komunitas tumbuhan dan Ahli botani Inggria adalah Arthur Tansley (1871-1995). Dia merupakan tokoh pendukung pendekatan ekologis dalam botani. Hasil karyanya ikut memberikan sumbangan dalam pembentukan British Ecological Sosiety (Masyarakat Ekologi Inggris) pada tahun 1913 yang merupakan Organisasi pertama di dunia yang bergerak di bidang ekologi. Ia menjadi tokoh utama gerakan pelestarian alam. Tansley adalah orang pertama yang menggunakan istilah “ekosistem” pada tahun 1935.

Penutup

Kesimpulan

Pembasmian sebagian kelompok ekosistem akan mengguncangkan keseimbangan lingkungan.Terputusnya rantai makanan, menyebabkan kemapanan sistem dalam ekosistem terganggu. Gangguan tersebut berdampak pada semua komponen ekosistem termasuk manusia yang merusak keseimbangan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Pemeriksaan RAPIT-TEST COVID-19

Pemeriksaan RAPIT-TEST COVID-19 Mohon edukasi kepada masyarakat terkait pemeriksaan RAPID-TEST sebagai berikut : 1) Rapid-test bukan...